Berita Terbaru :

Jumat, 21 Januari 2011

Panitia MUSDA VI HPI SULUT ke kantor JSM

Selain Bukit Doa Mahawu, ada Danau Linow.
Pulau Lihaga
Tomohon, Kamis, 20 Januari 2011, pukul 17.00, Ch. Roy Howan, selaku Sekretaris Panitia MUSDA VI DPD HPI Sulut bersama rombongan berkunjung ke Kantor JSM. Kehadiran mereka di kantor tidak terlalu mengejutkan karena sudah terlebih dahulu memberi konfirmasi kepada pihak JSM. Bp. Laurens dan Bp Tri menerima mereka dengan penuh persaudaraan karena yang datang adalah guide-tour yang sering membawa rombongan ke JSM, ikon wisata religi yang berada di Tomohon.

Dalam suasana santai penuh keakraban, rombongan membicarakan tentang pariwisata di Sulut khususnya Manado dan sekitarnya. Ada yang mengingatkan bahwa 9-15 Januari 2012 Sulut ditunjuk sebagai tuan rumah ASEAN Tourism Forum.(ATF). Dalam iven ATF itu akan hadir 2000 orang dari mancanegara dan nasional. Semakin banyak iven-iven International dilaksanakan di Manado, makan semakin bergairah industri wisata di Sulut.

Kesuksesan penyelenggaraan iven international seperti World Ocean Conference (WOC), Coral Triangle Initiative (CTI) Summit dan Sail Bunaken 2009. Juga iven Asia Pacific Conference on Health Law, memberi dampak positif dan significant bagi pariwisata di Sulut.

Tidak dipungkuri bahwa potensi wisata di Sulut sangat lengkap dan amat bervariatif. Sayang kalau promosi wisata Sulut tidak sinergi dengan perhelatan iven-iven nasional dan International. Ini bisa terjadi kalau pemerintah Sulut dan jajarannya bekerja keras untuk meraup peluang pengembangan wisata. Namun, jangan lupa memberi perhatian kepada tempat-tempat wisata yang dikelola oleh pihak swasta. Perhatikan kenyamanan jalan dari sampah dan transportasinya. Bahkan ada yang usul agar promosi tempat-tempat wisata dilakukan dengan berimbang sehingga tempat wisata yang dikelola swasta pun bisa dikenal.

Tema Musda VI HPI Sulut 2011: "Pariwisata, salah satu jalan keluar mengentaskan kemiskinan". Subtema: "Mewujudkan Pramuwisata yang berkompeten, berbudaya, berdaya saing dan sejahtera". Dalam musda ini akan diberikam HPI Award kepada beberapa tokoh masyarakat yang dinilai oleh anggota HPI sebagai penggiat Wisata di Sulut.

Banyak harapan bagaimana meningkatkan pariwisata di Sulut ke depan atau masa bakti 2011-. Tour guide yang tergabung dalam HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) akan senantiasa menjadi ujung tombak realisasi pariwisata di Indonesia dan Sulut khususnya. Selamat bermusda. Semoga sukses dan menghasilkan yang terbaik bagi industri Pariwisata di Sulawesi Utara.






0 comments:

Posting Komentar