Berita Terbaru :

Senin, 20 Desember 2010

SANTA CLAUS IN MAHAWU

Tomohon, 19 Desember 2010. Setiap menjelang Natal, di Manado, Tomohon dan sekitarnya, masyarakat mempunyai tradisi unik yang disebut "Santa Claus". Tradisi ini rupanya sudah bertahun-tahun terjadi. Dimulai saat perayaan Santa Nikolaus tiba, dikemudian hari namanya disingkat Santa Claus, yang jatuh pada tanggal 6 Desember. Sesuai dengan sifatnya, Santo Nikolaus ini suka membagi-bagi hadiah bagi mereka yang membutuhkan dan pada akhirnya bisa membahagiakan semua orang. Dari kebiasaan inilah maka Santa Claus sangat terkenal di mana-mana hingga kehadirannya ditunggu oleh anak-anak karena hadiah-hadiah yang dibagi-bagi.

Semangat berbagi kasih dan hadiahnya ini dipertahankan oleh masyarakat ketika jelang perayaan Natal tiba. Dengan menggunakan kendaraan bak terbuka Santa Claus beserta piet hitam dan kurcaci berkeliling kota untuk mengunjungi rumah-rumah yang sudah mendaftarkan diri untuk dikunjungi Santa Claus.

Tentu saja kostum Santa Claus dengan pakain merah dan rambut berjenggot putih seperti Bapak Tua yang bijaksana selalu terlihat atraktif dibarengi dengan pengikut-pengikutnya yang nota bene akan memarahi anak-anak yang nakal. Memang, hadiah akan diberikan ke semua anak. Ketika hadiah itu diberikan, nasehat bijaksana yang meneguhkan perbuatan di tahun baru selalu dilontarkan oleh Santa Claus saat menerima hadiah.

Suasana seperti itu dihadirkan oleh pihak manajemen JSM di depan Gua Mahawu. Animo masyarakat menyambut Santa Claus tampak lebih meriah ketimbang tahun lalu. Hujan, kabut dan panas tidak menghalangi kedatangan anak-anak di depan Gua Mahawu ini, Semoga makna Natal "berbagi kasih pada sesama" terus bergulir hingga pada akhirnya hidup ini memang sungguh bermakna karena kita hidup bersama.

0 comments:

Posting Komentar