Berita Terbaru :

Senin, 29 November 2010

Denah Wisata Rohani: BUKIT DOA TOMOHON

"Bukit Doa Mahawu, di Tomohon", begitulah para pengunjung menyebutnya sesaat ditanya mau pergi kemana liburan ini. Memang, nama aslinya sebenarnya bukan Bukit Doa Tomohon. Tetapi, Kebun Raya Tomohon yang di dalamnya ada fasilitas rohaninya seperti Jalan Salib, Gua Maria, Chapel dengan diorama setinggi manusia dan diletakkan di tengah jalan. Lho, mengapa disebut Kebun Raya atau Botanical Garden?

Konon, perbukitan "Bukit Doa" itu yang berada di kaki Gunung Mahawu adalah hutan endemik Sulawesi dengan aneka macam flora dan faunanya yang masuk dalam kelompok hutan tropis. De facto, hutan-hutan itu masih ada dan dilestarikan karena ada beberapa pohon dan tanaman yang hanya tumbuh di garis Wallacea Sulawesi. Semangat untuk menjaga dan melestarikan hutan endemik (flora dan fauna) Sulawesi itulah yang mendorong perbukitan ini diajukan sebagai Kebun Raya. Bahkan, sejauh ini sudah terjalin hubungan dengan Kebun Raya Bogor. Ke depan, tempat ini menjadi "center of excellence" bagi anak cucu dalam konservasi alam hutan Sulawesi.

Visi dasar "sinegitas alam, bangunan dan rohani" ini kemudian berkembang sejalan dengan penataan lingkungan alam yang berkontur bukit dan bergelombang. View dan udara yang segar mendorong setiap orang untuk bersyukur kepada Sang Pencipta. Tuhan telah menciptakan alam yang sangat eksotik dan memberikan berkah bagi semua orang. Pada tahap berikutnya, di perbukitan itu dibangun sarana-sarana rohani untuk menyediakan tempat bagi siapa saja yang karena kelelahan bekerja lalu ingin mendekatkan diri dengan Tuhan melalui meditasi atau kontempelasi bersama alam. Maka, di dalam "botanical garden" itu tersedia via dolorosa, grotto, chapel, amphitheater, rumah retreat. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa mengadakan pembinaan dan pelatihan dengan cara outbound. Bagi calon penganten, trend outdoor wedding bisa juga dilaksanakan di lokasi ini karena ada wedding chapelnya dan tempat resepsi bernuansa alam atau outdoor.

Untuk lebih lengkapnya, anda bisa mengklik di websitenya www.mahawupilgrim.com atau blog http://rumahretreatalamanda.blogspot.com


0 comments:

Posting Komentar